Pages

1/19/2010

Tips mengganti oli motor

O li merupakan komponen yang sangat penting agar mesin lebih awet dan mendongkrak performa. lalu bagaimana cara mengganti oli yang baik. proses pergantian oli biasanya dilakukan sebulan sekali atau kelipatan 2000km. melalui info yang ada di MJ otomotif, pergantian oli saat mesin dalam keadaan panas boleh saja dilakukan karena kekentalan oli berubah jadi encer sehingga kerak di mesin dapat keluar. tapi resikonya baut jadi sleg, kalau tidak mau itu terjadi, sebaiknya memasang baut pada mesin dilakukan jika kondisi mesin sudah dalam keadaan dingin.
sedangkan pergantian oli saat mesin dingin berbeda dalam keadaan mesin panas. pada saat mesin dalam keadaan dingin oli menjadi kental dan gak semua sisa oli dapat keluar. ditambah lagi jika anda sering menggonta-ganti oli dengan merek berbeda.
untuk mengganti oli menurut saya lebih baik dilakukan dirumah ketimbang di bengkel menggunakan kompresor. karna kompresor mengandung uap air. bisa anda banyangkan jika masuk ke dalam mesin...??? untuk takaran oli ada 2: 800ml dan 1000ml tergantung tipe motor anda.

0 comments:

Posting Komentar