Pages

2/10/2009

Bahasa Indonesia

T ugas Bahasa Indonesia

1.Tediri dari unsur apa bahasa itu , Sebutkan dan Jelaskan !

jawab:

- Sintaksis adalah penggabungan kata menjadi kalimat berdasarkan aturan sistematis yang berlaku pada bahasa tertentu.

- Semantik merupakan arti dari suatu bahasa yang dibentuk dalam suatu kalimat.

- Morfem adalah pembentukan kata yang disesuaikan dengan aturan suatu bahasa.

- Fonem yaitu unsur terkecil dari bunyi ucapan yang bisa digunakan untuk membedakan arti dari satu kata. Contohnya kata ular dan ulas memiliki arti yang berbeda

2.Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa ???

jawab:

bahasa sendiri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dimana berfungsi sebagai alat komunikasi. maka jika tidak memiliki bahasa kemungkinan akan sangat sulit dalam melakukan komunikasi dan melakukan proses interaksi.

3.Benerkah bahasa dapat mempengaruhi perilaku manusia? Jelaskan!

jawab:

Menurut Sabriani (1963), mempertanyakan bahwa apakah bahasa mempengaruhi perilaku manusia atau tidak? Sebenarnya ada variabel lain yang berada diantara variabel bahasa dan perilaku. Variabel tersebut adalah variabel realita. Jika hal ini benar, maka terbukalah peluang bahwa belum tentu bahasa yang mempengaruhi perilaku manusia, bisa jadi realita atau keduanya.

4.Pada ragam lisan , pengucapan bunyi2x bahasa yang kurang tepat dapat mengalihkan perhatian pendengar atau terjadi kesalah pahaman barikan contoh dan jelaskan !

jawab:

awalnya saya akan menjelaskan pengertian ragam bahasa lisan adalah bahan yang dihasilkan alat ucap (organ of speech) dengan fonem sebagai unsur dasar. Dalam ragam lisan, kita berurusan dengan tata bahasa, kosakata, dan lafal. Dalam ragam bahasa lisan ini, pembicara dapat memanfaatkan tinggi rendah suara atau tekanan, air muka, gerak tangan atau isyarat untuk mengungkapkan ide. kesalahpahaman pengucapan bahasa biasanya terjadi antara komunikasi remaja dengan orang tua dimana penggunaan bahasa remaja berbeda dengan orang tua maka terdapat kesalahpahaman dalam pengucapannya. seperti contoh: nongkrong, atau gawe.

5.Salah satu fungsi bahasa adalah untuk menyatakan ekspresi diri , unsur2x apakah yang dapat mendorong ekspresi diri tersebut ???

biasanya manusia untuk menyatakan ekspresi diri melalui media, bisa dalam pembuatan lagu, puisi, dsb.
ada pula unsur - unsur lain untuk menyatakan ekspresi diri:

* agar menarik perhatian orang lain terhadap kita,


* keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi







0 comments:

Posting Komentar